Sinergi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) danPesantren Dalam Pengembangan Sumber Daya Insani Ekonomi Syari’ah di Aceh

Nevi Hasnita, 20051177 (2023) Sinergi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) danPesantren Dalam Pengembangan Sumber Daya Insani Ekonomi Syari’ah di Aceh. In: Sinergi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) danPesantren Dalam Pengembangan Sumber Daya Insani Ekonomi Syari’ah di Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sinergi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) danPesantren Dalam Pengembangan Sumber Daya Insani Ekonomi Syari’ah di Aceh] Text (Sinergi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) danPesantren Dalam Pengembangan Sumber Daya Insani Ekonomi Syari’ah di Aceh)
LP_P3T_2020-Nevi Hasnita.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) khususnya UIN Ar-Raniry dan pesantren MUDI Mesra Samalanga merupakan dua institusi pendidikan besar yang telah berperan penting dalam upaya pengembangan sumber daya insani di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran dan kontribusi PTKIN dan pesantren dalam pengembangan sumber daya insani ekonomi syariah di Aceh, peluang dan tantangan yang dihadapi, serta langkah strategis dan sinergi yang dapat dilakukan oleh PTKIN dan Pesantren dalam upaya pengembangan SDI ekonomi Syariah di Aceh. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan data primer yang berasal dari lapangan (field research) dan data sekunder dari kajian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, fokus grup, dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PTKIN khususnya UIN Ar-Raniry dan pesantren MUDI Mesra Samalanga sebagai dua institusi pendidikan besar di Aceh telah berperan penting dan optimal dalam upaya pengembangan ekonomi Syariah melalui berbagai bentuk dan metode. Baik PTKIN maupun Pesantren MUDI memiliki peluang besar dalam pengembangan SDI ekonomi Syariah karena adanya animo serta minat yang tinggi dari masyarakat untuk belajar ekonomi Syariah pada lembaga tersebut. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa upaya pengembangan SDI ekonomi Syariah pada kedua lembaga pendidikan ini masih memiliki beberapa kendala atau tantangan yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan perannya, kedua instutusi pendidikan ini perlu mengambil langkah strategis sesuai dengan kendala/tantangan/hambatan yang dihadapi. Agar dapat berperan secara maksimal dalam penyiapan SDI ekonomi Syariah, kedua institusi pendidikan ini juga dapat melalukan sinergi dalam berbagai bentuk seperti: Kesepakatan Kerjasama antara PTKIN dan Pesantren; Kolaborasi Program/Sasaran Program Pembinaan; seperti Sosialisasi ekonomi Syariah, penyadaran peran strategis pesantren dalam penyiapan SDI dan pengembangan ekonomi Syariah di Aceh, Penguatan kurikulum/standarisasi kurikulum Pesantren, Training/TOT pengajar/ustaz untuk penguatan Ekonomi Syariah, Kampanye ekonomi Syariah; kolaborasi Training/Pelatihan untuk Peningkatan Kualitas Ekonomi Syariah.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:40
Last Modified: 07 Nov 2023 08:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31824

Actions (login required)

View Item
View Item