Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI dengan Pendekatan SosioTeknologi pada PTKIN Indonesia

Muhammad Faisal, 2024087101 (2023) Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI dengan Pendekatan SosioTeknologi pada PTKIN Indonesia. In: Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI dengan Pendekatan SosioTeknologi pada PTKIN Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI dengan Pendekatan SosioTeknologi pada PTKIN Indonesia] Text (Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI dengan Pendekatan SosioTeknologi pada PTKIN Indonesia)
2020-LP_Muhammad Faisal 2020.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu persoalan yang perlu menjadi catatan dalam penelitian ini, adalah persoalan tantangan Kelembagaan dan Kualitas Mutu Lembaga. PTKIN sebagai bagian dari lembaga pendidikan dalam percaturan kehidupan global haruslah menyikapi era globalisasi ini dengan sebaik-baiknya. Jika PTKIN ingin memainkan perannya dalam masyarakat global, tidak dapat tidak, PTKIN haruslah melebarkan sayapnya ke bidang sains dan tekhnologi dengan tanpa memisahkannya dari nilai-nilai agama yang suci. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI dengan Pendekatan Sosio-Teknologi pada PTKIN Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan model paradigma Naturalistik, sosial fenomenologis dan humanisme. Subjek dalam penelitian ini adalah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Sunan GunungDjati, Bandung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi, sedangkan data dianalisis secara berulang-ulang (cyclical) dengan tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian didapatkan bahwa sistem dan konsep manajemen mutu pendidikan pada PTKIN Indonesia bertujuan untuk meningkatkan tri dharma perguruan tinggi baik dari segi profesionalisme dosen dalam hal pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Manajemen perencanaan mutu pendidikan tinggi berbasis KKNI pada PTKIN Indonesia menempuh beberapa langkah dalam pengembangan mutu pendidikan tinggi agar menjadi efektif, efisien, dan produktif. Sedangkan langkah awal yang dilakukan dalam menyusun kurikulum pada PTKIN adalah dengan melakukan analisis SWOT dan tracer study serta labor market signals. Sedangkan peyusunan kurikulum dilakukan setelah diperoleh hasil dari analisis SWOT, tracer study, dan market signal untuk menentukan tujuan pendidikan.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:43
Last Modified: 07 Nov 2023 08:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31876

Actions (login required)

View Item
View Item