Pengaruh Media Puzzle dikombinasikan dengan Model Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Macam-macam Sumber Energi di Kelas IV MIN 40 Aceh Besar

Anisah, 201325109 (2017) Pengaruh Media Puzzle dikombinasikan dengan Model Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Macam-macam Sumber Energi di Kelas IV MIN 40 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Media Puzzle dikombinasikan dengan Model Picture and Picture)
Anisah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini kurang memberikan hasil yang maksimal, hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan selama ini terlihat kurang menarik sehingga siswa merasa jenuh dan kurang memiliki minat untuk belajar, akibatnya suasana kelas cenderung pasif, sedikit sekali siswa bertanya kepada guru meskipun materi yang diajarkan belum dapat dipahami. Sehingga sebagian besar siswa tidak mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 65%. Selain itu proses belajar mengajar yang digunakan masih didominasi oleh aktivitas guru dimana siswa lebih banyak mencatat materi. Sehingga proses pembelajaran yang berlangsung cenderung dari siswa untuk siswa, tanpa adanya peran guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan suatu pembelajaran yang melibatkan siswa dalam permainan yaitu dengan menggunakan media puzzle dikombinasikan dengan model picture and picture. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle dikombinasikan dengan model picture and picture terhada hasil belajar siswa. Rancangan penelitian bersifat Pre-Experimental dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 40 Aceh Besar, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas IV sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh karena sampling jenuh ini dilakukan apabila populasinya kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes akhir (post-test). Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua instrumen pengumpulan data yaitu perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t data tunggal dengan kriteria pengambilan yaitu jika nilai signifikan < 0,05 maka H0 ditolak dan jika nilai signifikan≥0,05 maka H0 diterima. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikan (sig. 2-tailed) sebesar ,000 atau 0. Karena 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media puzzle dikombinasikan dengan model picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada materi macammacam sumber energi di kelas IV MIN 40 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Mujiburrahman, M. Ag 2.Dr. Zainal Abidin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Puzzle, Picture and picture, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anisah Yusuf
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:00
Last Modified: 29 Mar 2018 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item View Item
TOP