Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran PAI Menggunakan Program Anates di FTK UIN Ar- Raniry

Elviana, 2024067802 (2023) Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran PAI Menggunakan Program Anates di FTK UIN Ar- Raniry. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran PAI Menggunakan Program Anates di FTK UIN Ar- Raniry] Text (Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran PAI Menggunakan Program Anates di FTK UIN Ar- Raniry)
LP_PPK_2019-Elviana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Mutu pendidikan memiliki keterkaitan dengan sistem evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu komponen penting dan tahap yang harus ditempuh seorang pengajar untuk mengetahui keefektifan pembelajaran. Hasil dari evaluasi dan pengujian kualitas sistem dapat menjadi feed back bagi dosen untuk menyempurnakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik butir-butir soal ujian Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran PAI dengan menggunakan Program Anates dan kemampuan mahasiswa PAI terhadap penguasaan materi pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran PAI. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari dokumen berupa soal Ujian Akhir Semester yang dibuat oleh dosen pengampu mata kuliah Evaluasi Pembelajaran PAI. Analisis data menggunakan program anates versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya beda dengan butir sangat baik ada 5 butir yang bisa membedakan kelompok atas dan bawah, taraf kesukaran butir soal yang baik kriteria sedang berjumlah 15 butir, Validitas tes sebesar 0,24 (rendah) dan hanya 6 butir yang signifikan, Reliabilitas tes sebesar 0,39 (rendah), efektifitas distraktor ada 8 butir yang berfungsi dengan baik. Dan penguasaan mahasiswa masih tergolong rendah terhadap materi pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran PAI diperoleh rerata sebesar 11,23 dan simpangan baku sebesar 2,75

Item Type: Book
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:11
Last Modified: 07 Nov 2023 09:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32044

Actions (login required)

View Item
View Item