Dinamika Penalaran Moral Remaja Yang Mengikuti Mentoring Agama Islam di Kota Banda Aceh

Ida Fitria, 2025058801 (2023) Dinamika Penalaran Moral Remaja Yang Mengikuti Mentoring Agama Islam di Kota Banda Aceh. In: Dinamika Penalaran Moral Remaja Yang Mengikuti Mentoring Agama Islam di Kota Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dinamika Penalaran Moral Remaja Yang Mengikuti Mentoring Agama Islam di Kota Banda Aceh] Text (Dinamika Penalaran Moral Remaja Yang Mengikuti Mentoring Agama Islam di Kota Banda Aceh)
LP_PPK_2019-Ida Fitria.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika penalaran moral pada remaja yang mengikuti program mentoring agama Islam di kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan melibatkan enam orang subjek penelitian yang berasal dari 3 SMA yang ada di Kota Banda Aceh yang telah mengikuti mentoring agama Islam selama lebih dari satu tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan FGD. Analisa data yang digunakan adalah analisa tematik. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penalaran moral 6 orang subjek penelitian telah berada pada tingkat penalaran moral post conventional pada tahap orientasi kontrak sosial legalitas dan orientasi moral dengan prinsip etika universal. Dinamikan penalaran moral pada keenam subjek tersebut terbentuk dari beberapa faktor-faktor yaitu pendidikan agama di rumah dan di sekolah, kurikulum mentoring, lama waktu mentoring, lingkungan mentoring, keteladan dan kesinambuangan mentoring.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:12
Last Modified: 07 Nov 2023 09:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32053

Actions (login required)

View Item
View Item