Kajian Penerapan Konsep Eko-Pesantren pada Pondok Pesantren Darul Ulum, Banda Aceh

Maysarah Binti Bakri, 2013078501 (2023) Kajian Penerapan Konsep Eko-Pesantren pada Pondok Pesantren Darul Ulum, Banda Aceh. In: Kajian Penerapan Konsep Eko-Pesantren pada Pondok Pesantren Darul Ulum, Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kajian Penerapan Konsep Eko-Pesantren pada Pondok Pesantren Darul Ulum, Banda Aceh] Text (Kajian Penerapan Konsep Eko-Pesantren pada Pondok Pesantren Darul Ulum, Banda Aceh)
LP_PPK_2019-Maysarah Binti Bakri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penerapan Eko-Pesantren merupakan bentuk kontribusi produk Arsitektur Islam terhadap permasalahan global saat ini. Eko-Pesantren berupaya menciptakan pesantren ramah lingkungan yang memberikan kontribusi positif terhadap aspek pelestarian lingkungan dan upaya penghematan energy. Mempertimbangkan keuntungan yang diperoleh, maka dilakukan kajian terhadap Pondok Pesantren Darul Ulum, Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh objek penelitian dan mengoptimalkan potensi-potensi tersebut untuk mendukung implementasi Eko-Pesantren. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Darul Ulum, Banda Aceh memiliki potensi yang dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai dasar penerapan Eko-Pesantren. Potensi-potensi tersebut adalah (1) ketersediaan sumber energy terbarukan; (2) pemanfaatan cahaya matahari sebagai pencahayaan alami; (3) pemanfaatan angina sebagai penghawaan alami; (4) pemanfaatan air hujan sebagai sumber air alternatif; (5) pengolahan sampah sederhana; dan (6) tersedianya ruang terbuka hijau pada tapak.

Item Type: Book Section
Subjects: 700 Arts and Recreation > 710 Area Planning & Landscape Architecture (Tata Ruang Kota & Arsitektur )
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:12
Last Modified: 07 Nov 2023 09:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32057

Actions (login required)

View Item
View Item