Kombinasi Fitoremediasi dan Koagulasi – Flokulasi dalam Mendegradasi Polutan pada Limbah Cair Industri Tahu

T. Muhammad Ashari, 2002028301 (2023) Kombinasi Fitoremediasi dan Koagulasi – Flokulasi dalam Mendegradasi Polutan pada Limbah Cair Industri Tahu. In: Kombinasi Fitoremediasi dan Koagulasi – Flokulasi dalam Mendegradasi Polutan pada Limbah Cair Industri Tahu. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kombinasi Fitoremediasi dan Koagulasi – Flokulasi dalam Mendegradasi Polutan pada Limbah Cair Industri Tahu] Text (Kombinasi Fitoremediasi dan Koagulasi – Flokulasi dalam Mendegradasi Polutan pada Limbah Cair Industri Tahu)
LP_PPK_2019-T. Muhammad Ashari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tahu merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Industri tahu sebagian besar merupakan industri rumah tangga. Hal ini menyebabkan limbah produksi tahu tidak diolah melainkan dibuang langsung ke badan air. Limbah cair tahu ini mengandung berbagai polutan yang berbahaya jika dibuang langsung ke badan air. Diperlukan metode untuk menurunkan polutan pada limbah cair tahu hingga sesuai dengan baku mutu yang dikeluarkan oleh pemerintah. Beberapa metode diantaranya yaitu menggunakan proses fitoremediasi atau mengkombinasikannya denan proses koagulasi dan flokulasi. Proses fitoremediasi limbah cair tahu mampu menurunkan COD dari 4000 mg/L menjadi 60 mg/L, BOD dari 1544 mg/L menjadi 20 mg/L, TSS dari 775 mg/L menjadi 150 mg/L, pH dari 4,3 menjadi 8,4. Kombinasi fitoremediasi dan koagulasi-flokulasi mampu menurunkan turbiditas dari 401 NTU menjadi 10 NTU. Rangkaian proses fitoremediasi dan koagulasi –flokulasi pada penelitian ini mampu menurnkan kadar polutan pada limbah cair tahu hingga sesuai dengan baku mutu.

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 547 Kimia Organik
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 575 Bagian Spesifik dan sistem Fisiologi Pada Tumbuhan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:14
Last Modified: 07 Nov 2023 09:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32068

Actions (login required)

View Item
View Item