Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Medan Magnetik Menggunakan Teori Krulik-Rudnick Di SMAN 1 Seunagan

Mimi Vita Sari, 190204040 (2023) Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Medan Magnetik Menggunakan Teori Krulik-Rudnick Di SMAN 1 Seunagan. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Mimi Vita Sari, 190204040, FTK, PFS, 082261873933.pdf] Text
Mimi Vita Sari, 190204040, FTK, PFS, 082261873933.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kesulitan belajar dalam proses pembelajaran yang ditandai dengan adanya hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Seperti menyelesaikan masalah dalam memecahkan soal, terutama pada materi fisika di perlukan langkah-langkah yang sistematis agar proses penyelesaiannya lebih mudah. Metode krulik-rudnick merupakan salah satu tindakan pemecahan masalah yang tepat dalam pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika pada materi medan magnetik menggunakan teori krulik-rudnick di SMAN 1 SEUNAGAN. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif rancangan deskriptif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal essay dengan jumlah 5 soal dan wawancara. Kemudian, hasil data tersebut dianalisis menggunakan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima tahap metode krulik-rudnick dimana tahap pertama, membaca dan berpikir peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Tahap kedua, mengekplorasi dan merencanakan pada tahap ini hanya satu peserta dididk yang dapat menyelesaikan tahap jawaban ini. Tahap ketiga, memilih strategi dimana pada tahap ini hanya satu peserta didik yang dapat menyelesaikan soal yang diberikan. Tahap keempat, pada tahap ini hanya dua peserta didik yang dapat menyelesaikan soal yang diberikan. Tahap kelima, refleksi dan mengembangkan dimana pada tahap ini hanya satu peserta didik yang dapat menyelesaikan jawaban soal yang diberikan sampai akhir

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Mimi Vita Sari
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:40
Last Modified: 07 Sep 2023 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32085

Actions (login required)

View Item
View Item