Implementasi Home Reading Program Sebagai Upaya Pengembangan Pra-literasi Di TK IT Baitusshalihin

Evi Maulida, 180210104 (2023) Implementasi Home Reading Program Sebagai Upaya Pengembangan Pra-literasi Di TK IT Baitusshalihin. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Home Reading Program Sebagai Upaya Pengembangan Pra-literasi Di TK IT Baitusshalihin] Text (Implementasi Home Reading Program Sebagai Upaya Pengembangan Pra-literasi Di TK IT Baitusshalihin)
Evi Maulida, 180210104, FTK, PIAUD, 082217533005.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

TK IT Baitusshalihin telah menerapkan home reading program untuk mengembangkan kemampuan prioritas anak yaitu pra-literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pengimplementasian home reading program sebagai upaya pengembangan pra-literasi di TK IT Baitusshalihin, dan untuk mengetahui apa saja kendalanya. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan studi kasus, teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi home reading program yaitu membuat pojok baca di rumah, menyedeiakan bahan bacaan yaitu hasil gambar bebas anak dan buku cerita anak, selanjutnya orang tua mengambil dokumentasi dalam bentuk video atau photo ketika sedang membaca bersama anak sebagai bentuk pelaporan yang akan dikirim di grup WhatsApp kelas, kemudian guru mendata orang tua yang telah mengirimkan laporan, laporan tersebut dipantau langsung oleh kepala sekolah. Kendala kepala sekolah yaitu orang tua belum mengerti cara membuat pojok baca, dan kendala guru adalah terlambatnya pendataan karena keterlambatan laporan yang dikirimkan orang tua, serta orang tua memiliki kendala yaitu kesibukan sehingga kesempatan membaca bersama anak menjadi terhambat, banyak gangguan ketika membaca bersama anak, dan perasaan anak yang berubah-ubah sehingga tidak bisa membaca bersama anak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Home Reading, Pra-literasi, Implementasi Program
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Evi Maulida
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:40
Last Modified: 07 Sep 2023 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32094

Actions (login required)

View Item
View Item