Efektivitas Penggunaan Media Flash Card pada Pembelajaran At-Tarkib Al-Washfi di Man 7 Bireuen

Anisa Fitri, 200202059 (2023) Efektivitas Penggunaan Media Flash Card pada Pembelajaran At-Tarkib Al-Washfi di Man 7 Bireuen. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of FlashCard, Pembelajaran At-Tarkib Al-washfi] Text (FlashCard, Pembelajaran At-Tarkib Al-washfi)
Anisa Fitri, 200202059, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti pada kelas XII-Agama di MAN 7 Bireuen, peneliti mengamati bahwa terdapat sebagian siswa pada kelas tersebut memiliki kesulitan dalam memahami qawaed bahasa arab, terutama siswa laki-laki, ada sebagian dari siswa yang sudah memahami qawaed tetapi belum mampu menerapkannya, siswa mampu menghafal sebagian mufradat tetapi belum mampu menjadikan kedalam sebuah kalimat yang benar, sehingga siswa mulai jenuh dengan aktivitas pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Maka dari itu, peneliti mencoba mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan media Flash Card untuk pembelajaran At-Tarkib Al-Washfi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran At-Tarkib Al-Washfi terhadap penggunaan media Flash Card, dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Flash Card untuk pembelajaran At-Tarkib Al-Washfi di MAN 7 Bireuen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group pre-test post-test design. Adapun alat dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Flash Card dalam pembelajaran At-Tarkib Al-Washfi sangat baik. Terbukti dari hasil pengamatan langsung (observasi) terhadap kegiatan guru sebesar 90 dan kegiatan siswa sebesar 90. Keduanya berkisar antara 80-100 dengan kategori sangat baik. Penggunaan media Flash Card sangat efektif untuk pembelajaran At-Tarkib Al-Washfi, dengan hasil pre-test dan post-test adalah dengan tingkat signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anisa Fitri Anisa
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:51
Last Modified: 07 Sep 2023 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32117

Actions (login required)

View Item
View Item