Penggunaan Media Papan Saku Dalam Pembelajaran Jumlah Mufidah

Darniati, 200202065 (2023) Penggunaan Media Papan Saku Dalam Pembelajaran Jumlah Mufidah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media Papan Saku, Jumlah Mufidah] Text (Media Papan Saku, Jumlah Mufidah)
Darniati, 200202065, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dari hasil observasi dapat dilihat bahwa siswa di MTsN 1 Banda Aceh kesulitan memahami qaidah jumlah mufidah dan belum bisa menyusun jumlah mufidah dengan benar dan guru tidak menggunakan media yang sesuai dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya pada pembelajaran jumlah mufidah, guru hanya berpedoman pada buku paket sehingga membuat siswa bosan selama pembelajaran. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa saat proses pembelajaran jumlah mufidah ketika menggunakan media papan saku dan untuk mengetahui keefektifan media papan saku dalam pembelajaran jumlah mufidah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 MTsN 1 Banda Aceh yang berjumlah 400 siswa. Dan adapun sampelnya siswa kelas 8(4) yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan guru dan siswa pada saat proses pembelajaran jumlah mufidah dengan menggunakan papan saku memperoleh nilai luar biasa yang hasilnya mencapai 90% untuk lembar observasi guru dan 82.5% untuk lembar observasi siswa. Dan adapun hasil ujian pretest dan postest adalah dengan tingkat signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05 Ini membuktikan bahwa penggunaan media papan saku efektif dalam pembelajaran jumlah mufidah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Darniati Darni
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:51
Last Modified: 07 Sep 2023 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32124

Actions (login required)

View Item
View Item