Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis di SMP/MTs

Maulidya Rahmi, 180205046 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis di SMP/MTs. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan LKPD, open ended, berpikir kreatif, bangun datar.] Text (Pengembangan LKPD, open ended, berpikir kreatif, bangun datar.)
Maulidya Rahmi, 180205046, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31MB)

Abstract

Pembelajaran menggunakan LKPD yang tersedia di sekolah hanya berupa soal latihan yang ada pada buku ajar saja, ketika diberikan soal maupun latihan tidak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sehingga perlu adanya pengembangan LKPD sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Oleh sebab itu peneliti ingin memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dengan melakukan pengembangan yang mampu mengembangkan dan menghasilkan LKPD berbasis open ended pada siswa SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D yang mengikuti langkah-langkah pengembangan 4D yang mencakup tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap dessiminate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi, dan lembar kepraktisan. Kevalidan LKPD berbasis pendekatan open ended dilihat dari hasil validasi ahli memperoleh kategori valid. Selain itu kepraktisan LKPD berbasis open ended memenuhi kriteria sangat baik. Uji kevalidan LKPD berbasis open ended dari segi format/desain menunjukkan kategori valid, validasi LKPD berbasis open ended dari segi konten/isi menunjukkan kategori valid dan uji validasi LKPD berbasis open ended dasi segi bahasa diperoleh mennjukkan kategosi sangat valid. Uji kepraktisan dilihat dari angket respon guru memperoleh kategori sangat praktis, dan uji kepraktisan dilihat dari angket respon siswa memperoleh kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis open ended yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis serta layak digunakan untuk pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulidya Rahmi Rahmi
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:26
Last Modified: 08 Sep 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32185

Actions (login required)

View Item
View Item