Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP/MTs

Rauzatul Rizka, 180204009 (2023) Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP/MTs. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Soal, Soal untuk mengukur kemampuan Berpikir kritis, Model Tessmer] Text (Pengembangan Soal, Soal untuk mengukur kemampuan Berpikir kritis, Model Tessmer)
Rauzatul Rizka, 180205009, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir, khususnya berpikir kritis tidak terlepas dari kebiasaan guru dalam melakukan evaluasi atau penilaian yang hanya mengukur tingkat kemampuan dasar saja. Soal-soal yang mengukur kemampuan berpikir kritis matematis masih sedikit serta soal yang digunakan pada saat evaluasi adalah soal yang belum khusus untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan belum sering diterapkan kepada siswa. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut, maka penelitian ini mencoba mengembangkan soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan hasil soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa SMP/MTs dengan menggunakan metode R&D dan model pengembangan Tessmer. Tahapan pengembangan tessmer meliputi: preliminary, self evaluation, prototyping (expert reviews, one-to-one, dan small group), dan field test. Penelitian ini menghasilkan 5 butir soal berbentuk essay. Berdasarkan hasil penilaian para ahli dan uji coba lapangan, diperoleh bahwa seluruh soal valid, paket soal reliabel dengan interpretasi reliabilitas tinggi, daya beda baik dan cukup, dan tingkat kesukaran sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rauzatul Rizka Rizka
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:26
Last Modified: 08 Sep 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32191

Actions (login required)

View Item
View Item