Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 11 Aceh Tengah

Yosa Rike Nate, 180209029 (2023) Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 11 Aceh Tengah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran IPA] Text (Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran IPA)
Yosa Rike Nate, 180209029, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran pada pembelajaran IPA Kelas V di MIN 11 Aceh Tengah hanya berpedoman pada gambar buku paket saja sehingga menyebabkan kurangnya keaktifan serta pemahaman peserta didik dalam mempelajari materi siklus air. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan desain media pembelajaran diorama, menguji kelayakan terhadap media dan menjabarkan respon guru terhadap media pembelajaran diorama dengan materi siklus air di MIN 11 Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain pengembangan yang dipilih adalah model ADDIE yaitu dengan tahap analisys (analisis), tahap design (desain), tahap development (pengembangan), tahap implementation (implementasi), dan tahap evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan uji kelayakan validator ahli materi, validator ahli media, dan penyebaran angket respon guru. dengan menggunakan instrument lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, serta lembar angket respon guru. hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran diorama yang telah dikembangkan dilihat dari penilaian dosen ahli media diperoleh nilai 91% dan termasuk dalam kategori sangat layak, penilaian dari dosen ahli materi diperoleh nilai 88% termasuk kedalam kategori sangat layak dan hasil validasi respon guru memperoleh nilai 93% dan juga termasuk kedalam kategori sangat layak. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran diorama yang dikembangkan dengana materi siklus air sangat layak digunakan sebagai salah satu alat bantu pembelajaran peserta didik di kelas V MIN 11 Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.2 Pendidikan Dasar tingkat Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yosa Rike Nate Yosa
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:43
Last Modified: 08 Sep 2023 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32194

Actions (login required)

View Item
View Item