Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia (Pendekatan Penguatan Moralitas Bangsa Indonesia)

Syabuddin Gade, 2002086803 (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia (Pendekatan Penguatan Moralitas Bangsa Indonesia). In: Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia (Pendekatan Penguatan Moralitas Bangsa Indonesia). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia (Pendekatan Penguatan Moralitas Bangsa Indonesia)] Text (Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia (Pendekatan Penguatan Moralitas Bangsa Indonesia))
LP_PTPN_2019-Syabuddin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Karakter merupakan salah satu isu nasional yang menjadi aspek perhatian penting karena saat ini terjadi kemerosotan karakter di kalangan generasi muda, khususnya mahasiswa. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pendidikan karakter pada PTKIN Indonesia, penguatan moralitas mahasiswa pada PTKIN Indonesia, dan nilai karakter yang diimplementasikan dalam rangka penguatan moral mahasiswa pada PTKIN Indonesia. Metode penelitian yang digunakan kualitatif. Subjek penelitian 3 dekan dan 25 orang dosen pada tiga Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri di Indonesia yang ditentutan secara purposive. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang ditemukan, implementasi pendidikan karakter pada FTK Universitas Islam Negeri di Indonesia dilaksanakan menggunakan enam strategi; integrasi dalam mata kuliah, pendektan uswatun hasanah, pendekatan student centered, model pembelajaran kooperatif, variasi metode, dan kegiatan pengembangan diri. Penguatan moralitas mahasiswa FTK Universitas Islam Negeri di Indonesia dilakukan dengan; membangun budaya akademik berintegritas, budaya disiplin, dan tata etika akademik sebagai standar perilaku mahasiswa. Implementasi nilai-nilai karakter dilakukan dalam proses perkuliahan pada FTK Universitas Islam Negeri di Indonesia.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:17
Last Modified: 07 Nov 2023 09:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32234

Actions (login required)

View Item
View Item