Teoretisasi Ekonomi Islam (Proses dan Kriteria Ilmiah Melahirkan Teori Ekonomi dalam kerangka Epistemologi Islam)

Hafas Furqani, 2025068001 (2023) Teoretisasi Ekonomi Islam (Proses dan Kriteria Ilmiah Melahirkan Teori Ekonomi dalam kerangka Epistemologi Islam). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Teoretisasi Ekonomi Islam (Proses dan Kriteria Ilmiah Melahirkan Teori Ekonomi dalam kerangka Epistemologi Islam)] Text (Teoretisasi Ekonomi Islam (Proses dan Kriteria Ilmiah Melahirkan Teori Ekonomi dalam kerangka Epistemologi Islam))
PPBBRE_2019-Hafas Furqani_Dummy_Buku-17263.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Teoretisasi atau melahirkan teori masih menjadi tantangan yang harus dijawab dalam membangun ekonomi Islam sebagai sebuah disiplin ilmu. Proses teoretisasi ekonomi Islam mendapat perhatian ilmuwan yang terlibat dalam pembangunan keilmuan ekonomi Islam. Setidaknya saat ini ada dua pendekatan yang diambil oleh para ilmuwan. Pertama, pendekatan Islamisasi teori ekonomi konvensional dimana teori konvensional yang sudah ada dinilai kembali dari perspektif Islam. Kalau tidak ditemukan dimensi yang bertentangan dengan prinsip dasar Islam, teori tersebut dapat digunakan dalam kajian ekonomi Islam, namun jika sebaliknya, teori tersebut harus diubah (modifikasi) dengan perspektif Islam atau diganti dengan teori baru. Pendekatan kedua menghendaki sesuatu yang lebih genuine dalam proses teoretisasi ekonomi Islam di mana ilmuwan menggali kembali dari sumber-sumber ilmu yang diakui dalam tradisi epistemologi Islam, yaitu dari sumber wahyu, logika akal, dan fakta atau pengalaman nyata. Penelitian ini mendiskusikan proses teoritisasi ekonomi Islam dan pendekatan yang diambil oleh para ilmuwan dalam melahirkan teori ekonomi Islam.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:17
Last Modified: 07 Nov 2023 09:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32240

Actions (login required)

View Item
View Item