Prestasi Belajar Matematika dan Kesadaran Metakognitif Siswa SMA/MA Indonesia

Zainal Abidin, 2015057102 (2023) Prestasi Belajar Matematika dan Kesadaran Metakognitif Siswa SMA/MA Indonesia. In: Prestasi Belajar Matematika dan Kesadaran Metakognitif Siswa SMA/MA Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Prestasi Belajar Matematika dan Kesadaran Metakognitif Siswa SMA/MA Indonesia] Text (Prestasi Belajar Matematika dan Kesadaran Metakognitif Siswa SMA/MA Indonesia)
015 - 10x - LAPORAN PENELITIAN LENGKAP - Zainal Abidin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif dengan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Indonesia, mengetahui korelasi yang signifikan antara prestasi belajar matematika dengan kesadaran metakognitif siswa Sekolah Menengah Atas di Indonesia, mengetahui korelasi yang signifikan antara prestasi belajar matematika dengan kesadaran metakognitif siswa Madrasah Aliyah di Indonesia dan mengetahui perbedaan kesadaran metakognitif siswa Sekolah Menengah Atas dengan Madrasah Aliyah di Indonesia. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 744 orang siswa Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah yang berasal dari 14 Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah yang ada di Propinsi Aceh. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket MIA dan dokumentasi nilai matematika siswa yang ada pada raport kenaikan kelas. Angket MIA diberikan kepada sampel melalui google form. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasional dari Pearson. Hasil analisis data titemukan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kesadaran metakognitif dengan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah, Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kesadaran metakognitif siswa Sekolah Menengah Atas dengan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas Indonesia, Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kesadaran metakognitif siswa Madrasah Aliyah dengan prestasi belajar matematika siswa Madrasah Aliyah Indonesia dan terdapat perbedaan kesadaran metakognitif antara siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Atas dengan siswa yang berasal dari Madrasah Aliyah.

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:18
Last Modified: 07 Nov 2023 08:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32242

Actions (login required)

View Item
View Item