Pengetahuan dan Kemampuan Terhadap Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Pada Kalangan Mahasiswa TeknikElektro di Aceh

Sadrina, 2027098301 (2023) Pengetahuan dan Kemampuan Terhadap Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Pada Kalangan Mahasiswa TeknikElektro di Aceh. In: Pengetahuan dan Kemampuan Terhadap Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Pada Kalangan Mahasiswa TeknikElektro di Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengetahuan dan Kemampuan Terhadap Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Pada Kalangan Mahasiswa TeknikElektro di Aceh] Text (Pengetahuan dan Kemampuan Terhadap Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Pada Kalangan Mahasiswa TeknikElektro di Aceh)
019 - 8X- SADRINA_LAPORAN CETAK 2022 - Sadrina Sadrina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Isu Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi paradigma gaya hidup masyarakat, cara bekerja bahkan cara berkomunikasi. Sistem teknologi yang telah banyak diadopsi dalam berbagai sektor industri membutuhkan SDM yang paham dan terampil terhadap Kecerdasan Buatan. Secara teori, kecerdasan buatan (AI) merupakan perkembangan teknologi komputer otomatisasi yang mampu melakukan pekerjaan sebagaimana dilakukan manusia. Pemerintah telah menyiapkan beberapa strategi dalam menghadapi kemajuan teknologi otomatisasi 4.0. Mahasiswa merupakan calon pekerja masa depan negara dituntut untuk memiliki kompetensi menggunakan perangkat teknologi AI. Mahasiswa akan mengalami masa pengangguran karena kurangnya pengetahuan dan kemampuan menggunakan perangkat kecerdasan buatan (AI) yang dibuthukan di dunia kerja. Karena itu, penelitian ini dijalankan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan kemampuan menggunakan perangkat kecerdasan buatan (AI) dari kalangan mahasiswa teknik elektro. Penelitian ini melibatkan 125 responden yang berasal dari tiga universitas yakni Universtas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh dan Universitas Malikussaleh. Instrumen yang dipilih adalah kuisioner dengan 4 Bagian. Analisis deskriptif dan uji Anova digunakan sebagai analisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap pengetahuan dan kemampuan mahasiswa teknik elektro terhadap kecerdasan buatan pada tahap tidak pasti. Hasil uji Anova menunjukkan bahwa nilai ratarata aspek pengetahuan dan kemampuan terhadap AI pada kalangan mahasiswa Teknik Elektro dari ketiga universitas adalah sama secara signifikan. Nilai korelasi Pearson 0.68 menunjukkan hubungan yang sederhana/ cukup antara pengetahuan dan kemampuan terhadap kecerdasan buatan. Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa responden belum memiliki pengetahuan dan kemampuan maksimal terhadap perangkat kecerdasan buatan karena masih minimnya kualitas dan kuantitas produk kecerdasan buatan yang dimiliki dan diketahui.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:16
Last Modified: 07 Nov 2023 08:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32245

Actions (login required)

View Item
View Item