Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Zikra Hayati, 2001108401 (2023) Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. In: Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah] Text (Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)
27 - 8x- laporan lengkap 0610 - Zikra Hayati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan matematika, yaitu dengan meningkatkan mutu kompetensi lulusan, yaitu Calon Guru yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Kenyataannya saat ini, selain sarana, pemerintah, Guru merupakan objek terdekat yang sering disalahkan dalam permasalahan dunia pendidikan. Sebagai lembaga yang menghasilkan calon guru, proses pembelajaran di lembaga pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) seharusnya memberikan deskripsi yang jelas kepada mahasiswa calon guru bagaimana seharusnya suasana pembelajaran yang diharapkan terjadi di sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk: Menganalisis kemampuan awal mahasiswa tingkat akhir Prodi PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam memahami konsep awal pembelajaran matematika sebelum dilakukan pendampingan. Mendeskripsikan bentuk pendampingan pembuatan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang dilakukan. Secara umum model pendampingan yang dilakukan menjadi tiga tahapan yaitu tahap persiapan dan koordinasi, tahap pelaksanaan, dan tahap pendampingan. Hasil pendampingan adalah Bahan Ajar berbasis RME dapat digunakan sebagai salah satu referensi bahan ajar pada kegiatan MK PPL, Micro Teaching, Pembelajaran Matematika MI I dan II, serta persiapan instrument penelitian, yang diharapkan dapat memberi acuan untuk proses implementasi pembelajaran matematika SD/MI yang lebih baik ke depan 2. Mahasiswa yang disini merupkan calon guru yang ingin mengembangkan potensinya dalam merancang perangkat pembelajaran RME harus membiasakan diri untuk membuat bahan ajar berbasis RME dengan tujuan dapat menstimulus peserta didik berfikir kritis dan kreatif. 3. Mahasiswa dapat membuat instrumen penilain dan perangkat pembelajaran RME untuk dijadikan bantuan dalam mempersiapkan instrumen tes untuk mengukur keberhasilan belajar peserta didik sekaligus sebagai umpan balik perbaikan proses pembelajaran.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:18
Last Modified: 07 Nov 2023 08:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32254

Actions (login required)

View Item
View Item