Pengaruh Belanja Langsung DaBelanja Tidak Langsung Terhadap Kemiskinan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kab/Kota Di Aceh)

Rizki Fitrayandi, 170602076 (2023) Pengaruh Belanja Langsung DaBelanja Tidak Langsung Terhadap Kemiskinan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kab/Kota Di Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Pengaruh Belanja Langsung DaBelanja Tidak Langsung Terhadap Kemiskinan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kab/Kota Di Aceh)] Text (Pengaruh Belanja Langsung DaBelanja Tidak Langsung Terhadap Kemiskinan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kab/Kota Di Aceh))
Rizki Fitrayandi, 170602076, FEBI ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pengaruh belanja langsung dan belanja tidak langsung dalam menurunkan tingkat kemiskinan di Kabupaten Kota Provinsi Aceh. Untuk mewujudkan tujuan tersebut pemerintah daerah Kabupaten Kota di Provinsi Aceh harus mengoptimalkan alokasi anggaran belanja daerah yang berupa belanja langsung dan belanja tidak langsung agar mampu menekan tingkat kemiskinan di Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh belanja langsung dan belanja tidak langsung terhadap tingkat kemiskinan. Menggunakan data dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh selama periode 2016-2020, panel regresi dengan metode fixed effect model dioperasionalkan untuk menguji hubungan antar variabel tersebut. Penelitian menemukan bahwa belanja langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Aceh. Begitu pula, penelitian ini menemukan bahwa belanja tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizki Fitrayandi Yandi
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:07
Last Modified: 12 Sep 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32333

Actions (login required)

View Item
View Item