Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Untuk Menumbuhkembangkan Model Mental Kimia Mahasiswa Pada Perkuliahan Stoikiometri

Chusnur Rahmi, 2017018903 (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Untuk Menumbuhkembangkan Model Mental Kimia Mahasiswa Pada Perkuliahan Stoikiometri. In: Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Untuk Menumbuhkembangkan Model Mental Kimia Mahasiswa Pada Perkuliahan Stoikiometri. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Untuk Menumbuhkembangkan Model Mental Kimia Mahasiswa Pada Perkuliahan Stoikiometri] Text (Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Untuk Menumbuhkembangkan Model Mental Kimia Mahasiswa Pada Perkuliahan Stoikiometri)
45 - 8x- Laporan Akhir Chusnur Rahmi-2022 - Chusnur Rahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya sumber belajar pendukung pada perkuliahan stoikiometri sehingga mahasiswa kesulitan memahami konsep stoikiometri secara utuh. Mahasiswa membutuhkan sumber belajar pendukung untuk meningkatkan pemahaman kosep pada level makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis multipel representasi yang layak dan praktis digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa pada perkuliahan stoikiometri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Dick & Carey melalui tahap analisis kebutuhan, perancangan produk, validasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 2 validator ahli dan 35 mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian tim ahli, modul pembelajaran memenuhi kriteria sangat layak dengan skor penilaian rata-rata 95,17%. Berdasarkan tanggapan mahasiswa, modul pembelajaran berbasis multipel representasi memenuhi kriteria sangat praktis dengan skor praktikalitas 94,17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis multipel representasi sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar pendukung pada perkuliahan stoikiometri yang lebih optimal.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:21
Last Modified: 07 Nov 2023 08:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32358

Actions (login required)

View Item
View Item