Pengembangan Media Papan Uno dalamMengembangkan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia Dini

Lisa Sofiana, 160210111 (2023) Pengembangan Media Papan Uno dalamMengembangkan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia Dini. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Papan Uno dalamMengembangkan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia Dini] Text (Pengembangan Media Papan Uno dalamMengembangkan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia Dini)
Lisa Sofiana, 1602100111, FTK, PIAUD, 085295977922.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di TK Nurul Hasanah, Aceh Barat Daya. Terdapat berberapa permasalah yaitu sebagian anak belum dapat membilang angka 1-10 secara berurut dan saat diminta untuk menulis angka masih kebingung dan kurangnya media dalam mengenal angka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kelayakan media Papan Uno dalam mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media Papan Uno yang layak untuk akan belajar. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Researchand Development) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, di antaranya Analisys, Design, Devalopment, Implemetation dan evaluation. Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi dari validator ahli materi dan ahli media untuk mengembangkan media Papan Uno serta lembar observasi penilaian guru terhadap anak. Hasil validasi pengembangan media Papan Uno menunujukkan bahwa kelayakan media Papan Uno berdasarkan aspek edukatif, teknis, estetika, dan materi sangat layak dengan perolehan skor rata-rata 4 dan 3,8 dengan jumlah anak 10 orang. Kepraktisan penggunana pengembangan media Papan Uno untuk mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini berdasarkan lembar hasil perentasi media : 100% (sangat layak) dan untuk hasil presentasi metari : 95% (sangat layak), dan hasil presentasi uji coba : 88,12% termaksud dalam kategori sangat mampu. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media Papan Uno untuk pengenalan angka 1-10 pada anak layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
600 Technology (Applied Sciences) > 630 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Lisa Sofiana Lisa
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:03
Last Modified: 13 Sep 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32363

Actions (login required)

View Item
View Item