Perancangan Pusat Kuliner Dan Souvenir Khas Aceh Di Kota Banda Aceh Dengan Pendekatan Reinvigorating Tradition

Rajudin, 150701073 (2022) Perancangan Pusat Kuliner Dan Souvenir Khas Aceh Di Kota Banda Aceh Dengan Pendekatan Reinvigorating Tradition. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Khas Aceh, Kuliner, Souvenir,Reinvigorating Tradition] Text (Khas Aceh, Kuliner, Souvenir,Reinvigorating Tradition)
Rajudin, 150701073, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan adat istiadat dan budaya. Setiap daerah diIndonesia pasti memiliki adat istiadat dan budaya, keberagaman ini yang membuat terdapat banyaknya pariwisata datang ke Indonesia baik dalam negeri maupun luar negeri.
Dalam kurun waktu terakhir pasca tsunami di Aceh banyak terjadi perkembangan yang sangat pesat salah satunya pada sektor pariwisata, dan pariwisata adalah suatu hal yang sangat erat hubungannya dengan kuliner dan oleh-oleh. Kuliner danoleh-oleh dari setiap daerah pasti memiliki perbedaan serta keunikan tersendiri, keunikan dan perbedaan tersebut yang membuat banyak wisatawan ingin mencari pusat wisata kuliner dan souvenir yang berada di setiap daerah khususnya Aceh, keterbatasana akses untuk mencapai di tiap-tiap daerah di Aceh yang mebuat hal ini sulit untuk ditemui olehpara wisatawan.

Permasalahannya yaitu bagaimana perancangan pusat kuliner khas Aceh ini mampu mewadahi keinginan para wisatawan dan memudahkan wisatawan dalam mencari masakan ataupun souvenir khas daerah Aceh dari berbagai macam suku yang ada.
Output dari pada rancangan berupa alternatif desain rancangan yang menunjang pendekatan rancangan untuk mendapatkan konsep dasar yang menjadai acuan serta pedoman perancangan yang berkaitan dengan pendekatan reinvigorating tradition dari rumoh Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Rajudin Raju
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:32
Last Modified: 15 Sep 2023 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32387

Actions (login required)

View Item
View Item