Analisis Konsep Keteladanan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Baligh Menurut Nashih Ulwan

Nanda Nadila, 180201156 (2023) Analisis Konsep Keteladanan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Baligh Menurut Nashih Ulwan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Konsep Keteladanan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Baligh Menurut Nashih Ulwan] Text (Analisis Konsep Keteladanan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Baligh Menurut Nashih Ulwan)
Nanda Nadila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Keteladanan orangtua merupakan cara orangtua memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya. Mendidik anak usia baligh untuk bertakwa serta menanamkan akidah dan keimanan yang kokoh terhadap anak, maka orangtua memiliki tanggungjawab yang besar dalam mendidik hal tersebeut. Abdullah Nashih Ulwan merupakan tokoh ulama besar dalam bidang pendidikan dan dakwah. Dalam kehidupan sehari-hari tampak berbagai permasalahan yang sering kali terjadi di linkungan sekitar, seperti kurangnya rasa hormat dan sopan santun terhadap orang yang lebih tua, tutur kata yang tidak baik, sulit dinasehati, teman bergaul yang tidak baik, dampak buruk media sosial, serta orangtua yang sibuk dalam pekerjaan sehingga kurangnya perhatian edukasi dan interaksi dari orangtua terhadap anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Konsep Keteladanan Orangtua dalam Mendidik Anak Usia Baligh Menurut Nashih Ulwan, dan Bagaimana Tanggungjawab Orangtua dalam Mendidik Anak Usia Baligh Menurut Nashih Ulwan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang menggunakan buku, kitab atau artikel dan lainnya yang berkaitan dengan pembahasan ini sehingga ditemukan data-data yang akurat dan jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis konsep keteladanan Abdullah Nashih Ulwan dalam membentuk keteladanan pada orangtua dalam mendidik anak usia baligh dengan mencontoh dari tauladan Rasulullah yakni keteladanan akidah tauhid, ketakwaan yang kuat, dan menjauhi kemaksiatan. Dan tanggungjawab orangtua dalam mendidik anak yakni mendidik keimanan, akhlak, fisik, intelektual, mental/psikis, sosial, dan seks. Dengan adanya pembentukan keteladanan seperti yang dikonsepkan oleh Abdullah Nashih Ulwan tentang keteladanan orangtua senantiasa dapat membentuk generasi-generasi bangsa yang mempunyai keteladanan yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nanda Nadila Nanda
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:26
Last Modified: 14 Sep 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32391

Actions (login required)

View Item
View Item