Peran Orangtua Dalam Membina Akhlak Anak Sejak Dini Di Gampong Sawah Kecamatan Kluet Tengah

Nur Erni, 160210028 (2023) Peran Orangtua Dalam Membina Akhlak Anak Sejak Dini Di Gampong Sawah Kecamatan Kluet Tengah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Orangtua Dalam Membina Akhlak Anak Sejak Dini Di Gampong Sawah Kecamatan Kluet Tengah] Text (Peran Orangtua Dalam Membina Akhlak Anak Sejak Dini Di Gampong Sawah Kecamatan Kluet Tengah)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan kebanyakan orangtua dii deisa Gampong Sawah teirseibut yang siibuk beikeirja sehingga kurangnya waktu untuk membimbing anaknya, ketika orangtua memiliki waktu luang orangtua disana akan mengajarkan anaknya hal–hal sederhana seperti mengajarkan anak berdo’a sebelum makan, mengajarkan huruf hijaiyah dan lain sebagainya, namun sebagian anak tidak mau diajarkan orangtuanya karena sibuk bermain dengan temannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk peran orang tua serta faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak anak. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 6 orangtua yang memilki anak berusia 4-6 tahun. Hasil penelitian yang di ditemukan bahwa bentuk peran orangtua yaitu orangtua sebagai pendidik mengajarkan anak seperti bersikap sopan santun, adab makan, berdo’a sebelum makan, orangtua sebagai panutan menyediakan waktu untuk memberi contoh seperti berbicara yang sopan, orangtua sebagai teman mendengarkan keluh kesah anak. Adapun faktor pendukung memasukkan anak ke TPA, sekolah, dan faktor penghambat orangtua dalam membina akhlak anak yaitu orangtua yang sibuk, lingkungan seperti teman yang membawa pengaruh buruk, dan juga dari anak yang tidak mau untuk belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nur Erni Erni
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:14
Last Modified: 15 Sep 2023 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32403

Actions (login required)

View Item
View Item