Pengembangan Media Big Book untuk Mengembangkan Nilai Keagamaan dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Dharma Wanita Paya Dapur

Marhamah, 17210073 (2023) Pengembangan Media Big Book untuk Mengembangkan Nilai Keagamaan dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Dharma Wanita Paya Dapur. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Big Book untuk Mengembangkan Nilai keagamaans dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Negeri Dharma Wanita  Paya Dapur] Text (Pengembangan Media Big Book untuk Mengembangkan Nilai keagamaans dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Negeri Dharma Wanita Paya Dapur)
skripsi marhamah31.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Dapur Kluet Timur, kurangnya media dalam penanaman nilai keagamaan untuk anak usia dini dalam mengembangkan kemampuan anak tersebut, maka tentunya diperlukan sebuah pembelajaran yang inovatif. Rumusan masalah adalah bagaimana kelayakan media pembelajaran big book dalam menanamkan nilai keagamaan pada anak usia dini. tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media big book untuk menanamkan nilai keagamaan bagi anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan penilaian validasi materi big book dari ahli materi, jumlah frekuensi 8, jumlah skor dari validator 23, maka jumlah skort rata-rata skala likert 2,8 jumlah skor maksimal 32, hasil persentase 71,8%, yang termasuk kedalam katagori baik atau layak. Validasi media mendapat skor 45, jumlah frekuensi 13, maka jumlah rata-rata skor skala likert adalah 3,4, jumlah skor makimal 52, hasil persentase 86,5. Hasil lembar observasi kemampuan Nilai Agama anak mendapat skor dari validator 180, jumlah butir pertanyaan 5 pertanyaan, jumlah anak uji coba 10 orang, rata-rata skor skala likert 40. skor total ideal yang didapat 200, hasil persentase 90% yang masuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media big book dapat mengembangkan Nilai Keagamaan anak usia 5-6 tahun dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Marhamah Marhamah
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:26
Last Modified: 15 Sep 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32405

Actions (login required)

View Item
View Item