Pengaruh Penerapan Model Auditory Intelectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa MTsN 1 Aceh Besar.

Irfan Ariadi, 261324553 (2018) Pengaruh Penerapan Model Auditory Intelectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa MTsN 1 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (membahas tentang pemahaman konsep)
IRFAN ARIADI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D.pdf

Download (777kB) | Preview

Abstract

Objek kaijan dalam matematika bersifat abstrak, termasuk konsep matematika. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan Kemampuan pemahaman konsep siswa. Model Auditory Intelectually Repetition merupakan suatu model yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep karena model ini memiliki tiga tahapan yaitu Auditory, Intelectuallydan Repetition. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model terhadap pemahaman konsep dan respon siswa terhadap model yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berdesain Posttest-only Control Design. Dari hasil penelitian diperoleh data statistik uji-t pihak kanan didapat t_hitung=1,70 dan t_((tabel))=1,68. Maka t_hitung>t_(tabel ). Hal ini berarti terima H1 tolak H0.Sehingga diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model auditory intelectually repetition lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Ketuntasan belajar setelah menggunakan model AIR sebanyak 24 siswa (82,76%) tuntas dan 5 siswa (17,24%) lainnya tidak tuntas. Respon siswa terhadap model Auditory Intelectually Repetition mendapat skor 3,27 termasuk kriteria sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Nuralam, M.Pd 2. Lasmi, S.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Penerapan Model
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 519 Probabilitas dan Matematika terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Irfan Ariadi
Date Deposited: 04 Apr 2018 04:29
Last Modified: 04 Apr 2018 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3245

Actions (login required)

View Item View Item
TOP