Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Pada Ma’had Darul Aitami Aceh Selatan)

Ainun Jariyah, 190202102 (2023) Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Pada Ma’had Darul Aitami Aceh Selatan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Pada Ma’had Darul Aitami Aceh Selatan)] Text (Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Pada Ma’had Darul Aitami Aceh Selatan))
Ainun Jariyah,190202102,FTK,PBA,085360041535.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti, bahwa siswa di pesantren terpadu Darul Aitami Aceh Selatan masih lemah dalam kaidah nahwu, lemah dalam memahami i’rab jumlah ismiyyah dengan baik, dan mereka belum bisa menerapkan yang telah dipelajari ke dalam teks berbahasa Arab. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Index Card Match efektif dalam pembelajaran nahwu serta untuk mengetahui respon siswa setelah penerapan model Index Card match dalam pembelajaran nahwu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 85 siswa, dengan sampel yang berjumlah 27 siswa kelas VII A. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pre-test dan pos-test adalah dengan tingkat signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) 0,000< 0,005 hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Index Card Match dalam pembelajaran nahwu adalah efektif. Dan adapun hasil angket respon siswa dalam penerapan model Index Card Match dalam pembelajaran nahwu memperoleh nilai p= 84% dengan interpretensi 81%-100% dengan predikat mumtaz. Ini membuktikan bahwa penggunaan model Index Card Match efektif dalam pembelajaran nahwu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ainun Jariyah Ainun
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:23
Last Modified: 15 Sep 2023 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32475

Actions (login required)

View Item
View Item