Analisis Proses Berpikir Intuitif dan Analitik Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ujian Nasional (UN)

Khusnul Safrina, 2001098704 (2023) Analisis Proses Berpikir Intuitif dan Analitik Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ujian Nasional (UN). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Proses Berpikir Intuitif dan Analitik Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ujian Nasional (UN)] Text (Analisis Proses Berpikir Intuitif dan Analitik Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ujian Nasional (UN))
LP_PPK_2020-Khusnul Safrina.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Selama ini, proses berpikir siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika jarang sekali diperhatikan oleh guru. Dalam proses penyelesaian masalah, siswa seakan-akan hanya dituntut untuk dapat menggunakan prosedur- prosedur tertentu sedemikian hingga siswa menjawab dengan benar semua persoalan yang diberikan. Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika meliputi proses berpikir intuitif dan analitis. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengeksplorasikan proses berpikir intuitif dan analitik siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal UN. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif dengan pemililihan subjek yang memiliki kemampuan tinggi dalam matematika. Pengumpulan data berupa deskripsi proses berpikir intuitif dan analitik siswa dilakukan melalui wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa gambaran proses yang dilalui siswa di dalam mental pada saat siswa menyelesaikan permasalahan matematika yang berupa soal Ujian Nasional.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika Ujian Nasional mengutamakan proses berpikir intuitif, dimana siswa secara spontan dan langsung dapat menuangkan ide penyelesaian masalah yang diberikan. Selain itu, dalam prosesnya lebih lanjut siswa juga menggunakan cara-cara analisis. Proses berpikir analitik dilakukan siswa dengan memperinci jawaban berdasarkan informasi dalam soal.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:55
Last Modified: 07 Nov 2023 08:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32510

Actions (login required)

View Item
View Item