Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Kelistrikan SMA/MA

Hilyuanada Putri, 190204010 (2023) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Kelistrikan SMA/MA. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Hilyuanada Putri, 190204010, FTK, PFS, 082267527614.pdf] Text
Hilyuanada Putri, 190204010, FTK, PFS, 082267527614.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas XII MAN 1 Aceh Besar, bahwa media pembelajaran yang digunakan masih kurang memadai. Dari masalah tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk e-modul. E-Modul adalah suatu media pembelajaran interaktif dan menarik. Berdasarkan observasi ditentukan bahwa belum terdapat penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi terkini dalam proses pembelajaran sebagaimana yang ingin dikembangkan dalam pembelajaran masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain dan kelayakan e-modul pembelajaran fisika berbasis STEM berbantuan PhET Simulation pada materi kelistrikan SMA/MA. E-modul berbasis STEM berbantuan PhET Simulation berpedoman pada model pembelajaran Alessi dan Trollip karena dengan menggunakan model penelitian ini produk yang dihasilkan berbentuk Elektronik, memiliki 3 tahap yaitu (1) Planning, (2) Desain, (3) Development. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalan E-Modul berbasis STEM dengan media PhET Simulation pada materi Kelistrikan SMA/MA. Hasil Validasi dari ahli materi dengan aspek kelayakan isi 88,75%, aspek kelayakan penyajian 87,5%, dan aspek kebahasaan 82%, dan validasi ahli media dengan aspek tampilan 89,25 dan aspek pemograman 87,5% dengan predikat sangat bagus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Hilyuanada Putri
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:55
Last Modified: 15 Sep 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32522

Actions (login required)

View Item
View Item