Analisis Pengaruh Penambahan Bioaditif Minyak Serai Wangi Pada Bahan Bakar Pertalite Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor

Adinda Aora Nissa, 180704068 (2023) Analisis Pengaruh Penambahan Bioaditif Minyak Serai Wangi Pada Bahan Bakar Pertalite Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Pengaruh Penambahan Bioaditif Minyak Serai Wangi pada Bahan Bakar Pertalite Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor] Text (Analisis Pengaruh Penambahan Bioaditif Minyak Serai Wangi pada Bahan Bakar Pertalite Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor)
Skripsi Adinda Aora Nissa 180704068.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penambahan zat aditif minyak serai wangi dilakukan untuk mengurangi emisi gas buang mesin berbahan bakar pertalite. Penelitian ini berguna untuk mengetahui bagaimana penambahan bioaditif berbahan dasar minyak serai wangi pada bahan bakar pertalite berpengaruh terhadap emisi gas buang sepeda motor. Beberapa sampel bahan bakar yang dievaluasi terbuat dari bahan pertalite dan pengembangan dilakukan dengan penambahan unsur bioaditif minyak sereh wangi ke dalam bahan bakar dengan komposisi 0,14%, 0,24% dan 0,34%. Sampel dilakukan untuk mengukur emisi CO dan NOx dari knalpot sepeda motor. Parameter standar minyak serai wangi juga dianalisis termasuk organoleptik, taksonomi, berat jenis, indeks bias, spektrometri massa kromatografi gas (GCMS), dan uji emisi CO dan NOx dengan campuran pertalite.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Adinda Aora Nissa
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:40
Last Modified: 15 Sep 2023 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32549

Actions (login required)

View Item
View Item