Penggunaan Metode Pengulangan (Drill) Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Arab

Nur Ainun Rizka, 170202104 (2023) Penggunaan Metode Pengulangan (Drill) Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Arab. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Pengulangan (Drill) Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Arab] Text (Penggunaan Metode Pengulangan (Drill) Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Arab)
Nur Ainun Rizka, 170202104, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Judul Penelitian ini adalah Penggunaan Metode Pengulangan (drill) dalam Pembelajaran tata Bahasa Arab di MTsn 4 Banda Aceh (penelitian eksperimen). Peneliti memilih judul ini kerena mayoritas dari mereka belum mengetahui dan belum menguasai materi tata bahasa (qawait) dengan baik, baik Dalam pelafalan maupun dalam penulisan kalimat padahal itu sudah dipelajari. Oleh karena itu peneliti ingin menggunakan metode pengulangan(drill) untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dalam Bahasa Arab. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti pada skripsi ini adalah metode eksperimen di mana peneliti menerapkan sendiri pembelajaran tata bahasa khususnya tentang dhamir dengan pengulangan (drill). Dan populasi penelitian ini yaitu siswa kelas 2 MTsN 4 Banda Aceh jumlah keseluruhan 199 siswa. dan peneliti mengambil sample dari kelas 2/5 yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan purposive sampling.Dan untuk menggumpulkan data peneliti menggunakan lembar observasi dan soal pre-test serta post-test. dan adapun hasil penelitian dari skripsi ini bahwa penggunaan metode pengulangan (drill) dalam pembelajaran tata Bahasa Arab efektif. Hasil (T-hitung) lebih besar dari hasil (T-Tabel): 2,09 <11,78 > 2,86 Jadi hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan metode pengulangan dalam pembelajaran tata bahasa arab adalah: 94% menunjukkan bahwa terjadi antara 80% - 100% dengan nilai sangat baik. Adapun hasil kegiatan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan metode pengulangan dalam pengajaran tata Bahasa Arab adalah: 96% yang menunjukkan bahwa terjadi antara 80% - 100% dengan nilai sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Ainun Rizka
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:25
Last Modified: 15 Sep 2023 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32552

Actions (login required)

View Item
View Item