Analisis Perbandingan Penggunaan Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Python Untuk Peningkatan Pemahaman Algoritma Dan Pemrograman Pada Siswa Smk Dan Smp

Sultan Maulana, 180212086 (2023) Analisis Perbandingan Penggunaan Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Python Untuk Peningkatan Pemahaman Algoritma Dan Pemrograman Pada Siswa Smk Dan Smp. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN APLIKASI  MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN  PYTHON UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN  ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN PADA SISWA SMK DAN SMP] Text (ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN PADA SISWA SMK DAN SMP)
Sultan Maulana, 180212086, FTK, PTI, 082228756465.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan aplikasi media pembelajaran bahasa pemrograman python untuk peningkatan pemahaman algoritma dan pemrograman pada siswa smk dan smp. Pada Mata Pelajaran TIK SMPN 2 Banda Aceh dan Mata Pelajaran pemrograman dasar SMKN 5 TELKOM. Jenis penelitian yang digunakan adalah mix methods (campuran), yaitu didasarkan pada kombinasi metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 30 orang peserta didik dan sampel sebanyak 30 sampel karena populasi kurang dari 100 orang maka semua populasi dijadikan sampel penelitian hal ini didasarkan dari teknik sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh, pada saat penelitian berlangsung peneliti menggunakan dua sekolah. Dengan teknik pengumpulan data angket dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan terdapat perbandingan penggunaan aplikasi media pembelajaran bahasa pemrograman python untuk peningkatan pemahaman algoritma dan pemrograman pada siswa smk dan smp. Hal ini dapat dibuktikan melalui uji t yang peneliti lakukan pada kedua sekolah. Adapun hasil dari uji t pada smk dalam perbandingan Penggunaan Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Python Untuk Peningkatan Pemahaman Algoritma Dan Pemrograman memperoleh thitung > ttabel , = 17,068 > 2,045. Yang mana ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha tabel diterima dan hasil dari uji t pada smp dalam perbandingan Penggunaan Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Python Untuk Peningkatan Pemahaman Algoritma Dan Pemrograman memperoleh thitung > ttabel , = 14,102 > 2,045. Yang mana ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha tabel diterima. Sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan yaitu terdapat perbandingan penggunaan aplikasi media pembelajaran bahasa pemrograman python untuk penizngkatan pemahaman algoritma dan pemrograman pada siswa smk dan smp.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Sultan Maulana Sultan
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:57
Last Modified: 18 Sep 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32570

Actions (login required)

View Item
View Item