Pembelajaran Idhafah Menggunakan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Qawaid (Studi Eksperimen Di Dayah Darul Ihsan)

Bunga Siti Mawaddah, 190202016 (2023) Pembelajaran Idhafah Menggunakan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Qawaid (Studi Eksperimen Di Dayah Darul Ihsan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pembelajaran Idhafah Menggunakan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Qawaid (Studi Eksperimen Di Dayah Darul Ihsan)] Text (Pembelajaran Idhafah Menggunakan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Qawaid (Studi Eksperimen Di Dayah Darul Ihsan))
Bunga Siti Mawaddah, 190202016, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Lembaga Darul Ihsan merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam modern yang terletak di Gampong Siem, dan di dalamnya telah diajarkan bahasa Arab, baik dalam pembelajaran maupun dalam menerapkan kaidah-kaidah dari apa yang mereka pelajari atau dalam penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti percakapan. Berdasarkan hasil observasi peneliti bahwa dalam keseharian siswa, peneliti belum mendengar siswa yang sungguh-sungguh dalam menerapkan kaidah-kaidah dari apa yang dipelajarinya di kelas. Memang kejadian ini mempengaruhi kemampuan daya ingat siswa dalam memahami dan membedakan idhafah, baik dalam pembelajaran maupun dalam percakapan sehari-hari. Masalah ini terjadi karena media yang digunakan oleh guru tidak tepat atau metode yang diterapkan oleh guru membosankan dalam pengajaran qawaid, terutama dalam pengajaran idhafah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keefektifan pengajaran idhafah dengan menggunakan metode papan ini dan itu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman tata bahasa siswa di Dayah Darul Ihsan, Aceh Besar. Adapun metodologi penelitian dalam tesis ini adalah metode eksperimen dengan desain pra-eksperimen dengan desain pretes dan postes. (One Group Pretest and Postest Design) Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Dayah Darul Ihsan Aceh Besar yang berjumlah 200 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 tingkat aliyah Dayah Darul Ihsan Aceh Besar yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah uji Wilcoxon pada alat digital (SPSS Statistic 25). Adapun hasil dari uji Wilcoxon diperoleh skor 0,828 lebih besar dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran idhafah menggunakan media papan flanel tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman qawaid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Bunga Siti Mawaddah Mawaddah
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:32
Last Modified: 31 Oct 2023 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32578

Actions (login required)

View Item
View Item