Ekspresi Religiusitas Diri Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Media Sosial

Sinta Mahera, 190302019 (2023) Ekspresi Religiusitas Diri Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Media Sosial. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Ekspresi Religiusitas Diri Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Media Sosial] Text (Ekspresi Religiusitas Diri Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Media Sosial)
Sinta Mahera, 190302019, FUF, SAA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang ekspresi religiusitas diri mahasiswa di media sosial, Religiusitas diwujudkan dalam berbagai sisi kehidupan manusia. Aktivitas manusia bukan hanya terjadi ketika seseorang melakukan prilaku ritual (beribadah), tetapi juga ketika melakukan aktivitas lain yang di dorong oleh kekuatan supranatural. Tujuan penelitian ini adalah: (a) untuk mengetahui ekspresi religiusitas diri mahasiswa di media sosial; (b) ruang ekspresi religiusitas diri di media sosial dan; (c) faktor mahasiswa mengekspresikan dirinya di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berbasis pada penelitian lapangan, dan menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari mengumpulkan data (Observasi dan Wawancara), mengklarifikasi dan menafsirkan data, menyusun laporan, dan kesimpulan. Informan penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ekspresi religiusitas diri mahasiswa UIN Ar-Raniry dengan cara menshare, mempublikasikan dan membagikan segala bentuk gagasan dan kegiatan religiusitas ke ruang media yang digunakan untuk mengekspresikan dirinya. Ruang media yang digunakan mahasiswa untuk mengekspresikan dirinya ialah WhattsApp, Instagram dan Tik Tok. Ada 2 faktor mahasiswa mengekspresikan dirinya dimedia sosial yaitu faktor internal individu dan faktor ekstrenal lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Sinta Mahera
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:25
Last Modified: 18 Sep 2023 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32585

Actions (login required)

View Item
View Item