Studi Komparatif Kemampuan Membaca dan Menulis Bahasa Arab Siswa Pesantren Salafi dan Khalafi

Dara Mubshirah, 2029049301 (2023) Studi Komparatif Kemampuan Membaca dan Menulis Bahasa Arab Siswa Pesantren Salafi dan Khalafi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Studi Komparatif Kemampuan Membaca dan Menulis Bahasa Arab Siswa Pesantren Salafi dan Khalafi] Text (Studi Komparatif Kemampuan Membaca dan Menulis Bahasa Arab Siswa Pesantren Salafi dan Khalafi)
LP_PPK_2020-Dara Mubshirah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu materi yang dipelajari di pesantren khalafi dan salafi. Membaca (qiraah) dan menulis (kitabah) adalah dua keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana perbedaan kemampuan membaca dan menulis siswa pesantren salafi dan khalafi. Penelitian ini menggunakan metode komparatif. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa tes pada 50 siswa Pesantren Salafi dan 50 siswa Pesantren Khalafi. Metode analisa data menggunakan uji statistik Mann Witney dengan nilai α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kemampuan membaca bahasa Arab siswa pesantren salafi dan khalafi dengan nilai statistik membaca teks berbaris (p-value (0,011) <α (0,05) dan membaca kitab tidak berbaris (p-value (0,043) <α (0,05). Serta ada perbedaan antara kemampuan menulis bahasa Arab siswa pesantren salafi dan khalafi (p-value (0,016) <α (0,05).

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:57
Last Modified: 07 Nov 2023 08:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32630

Actions (login required)

View Item
View Item