Prilaku Prososial Ditinjau Dari Gender, Kondisi Sosial Ekonomi, dan Budaya

Syaiful Indra, 0115129001 (2023) Prilaku Prososial Ditinjau Dari Gender, Kondisi Sosial Ekonomi, dan Budaya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Prilaku Prososial Ditinjau Dari Gender, Kondisi Sosial Ekonomi, dan Budaya] Text (Prilaku Prososial Ditinjau Dari Gender, Kondisi Sosial Ekonomi, dan Budaya)
LP_PPK_2020-Syaiful Indra.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Perilaku prososial merupakan suatu tindakan sukarela teraktualisasi pada sikap menyingkirkan kepentingan pribadi dalam memberi manfaat kepada individu lain. Pada era globalisasi, perilaku remaja cenderung individualisme, penggunaan teknologi berdampak pada intensitas penggunaan berlebih, sehingga mengurangi interaksi antar individu. Berdasarkan penelitian (Putra et al., 2015) menyatakan bahwa pada kategori rendah terdapat 90%, sedang 10%, tinggi 0%. Artinya bahwa tingkat prososial remaja cenderung rendah, menandakan adanya indikasi perilaku anti sosial. Faktor yang mempengaruhi tumbuhnya perilaku sosial diantaranya adalah gender, kondisi sosial, dan budaya. Berdasarkan fenomena tersebut, perlu didalami secara komprehensif perilaku prososial. Hal tersebutlah memotivasi peneliti untuk melakukan penelitian.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 390 Customs, Etiquette, Folklore (Adat Istiadat, Etiket, Folklor)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:58
Last Modified: 07 Nov 2023 08:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32643

Actions (login required)

View Item
View Item