Rancang Bangun Alat Pemberi Makan Ikan Otomatis Menggunakan Sensor PH Berbasis Mikrokontroler

Husnul Mu’asirah, 180211018 (2023) Rancang Bangun Alat Pemberi Makan Ikan Otomatis Menggunakan Sensor PH Berbasis Mikrokontroler. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Rancang Bangun Alat Pemberi Makan Ikan Otomatis Menggunakan Sensor PH Berbasis Mikrokontroler] Text (Rancang Bangun Alat Pemberi Makan Ikan Otomatis Menggunakan Sensor PH Berbasis Mikrokontroler)
Husnul Mu'asirah, 180211018, FTK, PTE, 082297938089.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Memberi makan ikan hias merupakan salah satu tugas pemeliharaan rutin yang dilakukan. karena kebanyakan pemberian makan dilakukan oleh manusia, berpotensi terjadinya ketidakakuratan dan siklus yang tidak teratur. Metode research-based development research (R&D) digunakan dalam skripsi ini. Setelah Rancang bangun alat pemberi makan ikan otomatis menggunakan sensor pH berbasis mikrokontroler divalidasi oleh ahli validator, maka total hasil skor yang didapatkan dengan jumlah nilai maksimum 35 dan memperoleh persentase kelayakan 94%. Berdasarkan rumus perhitungan validasi tingkat persentase kelayakan alat, perhitungan uji validasi menunjukkan bahwa rancang bangun alat pemberi makan ikan otomatis menggunakan sensor pH berbasis mikrokontroler mendapat kategori “Sangat Layak” untuk digunakan.Dengan adanya alat pemberi makan ikan otomatis ini dapat memudahkan para peminat atau pemilik aquarium dan sejenisnya dalam memberi makan ikan tanpa melakukan nya sendiri. Hasil pengujian output port arduino yang menyatakan arduino layak digunakan. Dengan menggunakan LCD dan sensor pH air pemilik pakan ikan bisa mengetahui kader pH yang terkandung dalam air akuarium

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Husnul Mu'asirah Husnul
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:07
Last Modified: 19 Sep 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32659

Actions (login required)

View Item
View Item