Ḥurūfu al-Jarri wa Ma‘ānīhā fī Syi‘ri 'al-Andalusa al-Jadīdah' li Aḥmad Syauqi (Dirāsah Naḥwiyyah)

Shalehatul Hijjah, 190502096 (2023) Ḥurūfu al-Jarri wa Ma‘ānīhā fī Syi‘ri 'al-Andalusa al-Jadīdah' li Aḥmad Syauqi (Dirāsah Naḥwiyyah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Huruf jar dan makna-maknanya dalam syair andalusia baru karya Ahmad Syauqi] Text (Huruf jar dan makna-maknanya dalam syair andalusia baru karya Ahmad Syauqi)
Shalehatul Hijjah, 190502096, FAH, BSA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Ḥurūfu al-Jarri wa Ma‘ānīhā fī Syi‘ri 'al-Andalusa al-Jadīdah' li Aḥmad Syauqī (Dirāsah Naḥwiyyah)". Adapun permasalah pada penelitian ini adalah apa saja makna huruf jar (Fī, ‘Alā, dan Bā’) yang terdapat dalam syair al-Andalusa al-Jadīdah karya ahmad syauqi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan macam-macam huruf-huruf jar dan maknanya di dalam syair al-Andalusa al-Jadīdah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun teori yang membantu penelitian ini yaitu teori Nahwu. Adapun kesimpulan yang Peneliti dapatkan adalah ada 83 huruf jar (Fī, ‘Alā, dan Bā’) yang terdapat dalam Syair al-Andalusa al-Jadīdah, yaitu Huruf jar Fī ada 30 huruf dan yang berma'na aẓ-Ẓarfiyyah ada 26 macam, Ma‘nā ’ilā (al-’Intihā’) 2 macam, makna al-Muṣāḥabah 1 macam, dan makna al-Muqāyasah 1 macam. Kemudian huruf jar Bā’ ada 27 huruf dan yang bermakna al-’Ilṣāq ada 9 macam, makna al-Muṣāḥabah 5 macam, makna az-Zā’idah 6 macam, makna al-’Isti‘la’ 2 macam, Ma‘nā ‘An (al-Mujāwazah) 1 macam, makna aẓ- Ẓarfiyyah 2 macam, dan makna al-’Isti‘ānah 2 macam. Kemudian huruf jar ‘Alā 26 macam yang bermakna al-’Isti‘la’ ada 25 macam dan yang bermakna aẓ-Ẓarfiyyah ada 1 macam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
800 Literature (Sastra)
800 Literature (Sastra) > 890 Other Literatures (Kesusastraan Lain-lain) > 892 Sastra Afro-Asia > 892.7 Sastra Bahasa-bahasa Arab dan Maltes
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Shalehatul Hijjah
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:11
Last Modified: 20 Sep 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32699

Actions (login required)

View Item
View Item