Manajemen Rekrutmen Peserta Didik Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Pada SMP Negeri Ulumul Qur’an Pidie Jaya

Raihan Wardiah, 170206037 (2022) Manajemen Rekrutmen Peserta Didik Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Pada SMP Negeri Ulumul Qur’an Pidie Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Manajemen Rekrutmen Peserta Didik Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Pada SMP Negeri Ulumul Qur’an Pidie Jaya] Text (Manajemen Rekrutmen Peserta Didik Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Pada SMP Negeri Ulumul Qur’an Pidie Jaya)
raihan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Manajemen dalam sebuah lembaga pendidikan merupakan hal yang sangat diperlukan dalam proses pelaksanaan rekrutmen penerimaan peserta baru. Di SMP Negeri Ulumul Qur’an Pidie Jaya, proses rekrutmen peserta didik baru merupakan salah satu unsur yang sangat diperlukan dalam rangka menyaring siswa-siswa terbaik untuk dapat mengikuti pendidikan di SMP Negeri Ulumul Qur’an Pidie Jaya. Proses rekrutmen siswa yang dilakukan di SMP Negeri Ulumul Qur’an Pidie Jaya, terasa kurang maksimal, hal ini apabila tidak diperbaiki proses rekrutmen tersebut akan mempengaruhi kualitas pendidikan dan proses belajar siswa. Melalui penelitian ini di harapkan dapat memberikan konstribusi yang positif kepada proses rekrutmen siswa baru untuk masa-masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang dijadikan subjektif dalam penelitian ini adalah Kepala SMP Negeri Ulumul Qur’an Pidie Jaya dan panitia rekrutmen peserta didik. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen rekrutmen peserta didik dalam meningkatkan kualitas pendidikan kurang maksismal baik itu dari segi administrasi pelaksanaan, waktu pelaksanaan, sedikitnya jumlah panitia dalam proses rekrutmen peserta didik dan penginformasian kelulusan. Sedangkan hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan rekrutmen adalah dari segi sumber daya manusia terutama cara berfikir dan budaya selama ini. Penulis berharap penelitian ini dapat dilanjutkan oleh pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Raihan Wardiah Raihan
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:26
Last Modified: 25 Sep 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32772

Actions (login required)

View Item
View Item