Penyelesaian Pembiayaan Griya iB Hasanah Bermasalah pada PT. BNI Syariah Cabang Banda Aceh

Maulina, 041300801 (2017) Penyelesaian Pembiayaan Griya iB Hasanah Bermasalah pada PT. BNI Syariah Cabang Banda Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembiayaan Griya]
Preview
Text (Membahas tentang Pembiayaan Griya)
Maulina.pdf - Published Version

Download (753kB) | Preview

Abstract

PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh beralamat di jalan Tgk. H. Muhammad Daud Bereueh No. 33 C Banda Aceh. Secara resmi mulai beroperasi pada tanggal 23 April 2009 yang berfungsi sebagai lembaga keuangan yang kegiatan usahanya menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat, dengan cara memberikan pembiayaan dan jasa-jasa bank lainnya. PT. BNI Syariah mempunyai berbagai macam produk pembiayaan untuk menunjang kebutuhan masyarakat. Produk tersebut diharapkan dapat memfasilitasi untuk memenuhi keinginan masyarakat supaya dapat memenuhi kebutuhan barang untuk digunakan. Kegiatan kerja praktik dilakukan pada beberapa bagian diantaranya, bagian marketing (sales), pembiayaan, operasional/ umum, customer service dan teller. Adapun tujuan dari penulisan Laporan Kerja Praktik ini adalah untuk mengetahui penyelesaian pembiayaan Griya iB Hasanah pada PT. BNI Syariah Cabang Banda Aceh. kriteria pembiayaan bermasalah menurut PT. BNI Syariah Cabang Banda aceh dapat dikelompokkan kedalam empat kategori yaitu dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, dan macet. Salah satu cara penyelesaian pembiayaan Griya iB Hasanah oleh PT. BNI Syariah Cabang Banda Aceh adalah dengan upaya penyelamatan. Penyelamatan pembiayaan berlaku untuk semua nasabah pembiayaan yang berada pada kolektabilitas performing financing (PF) atau Non performing (NPF) yaitu pembiayaan yang berklasifikasi kurang lancar, diragukan dan macet. PT. BNI Syariah Cabang Banda Aceh dalam menilai nasabah untuk penyelamatan meninjau tiga pilar kelayakan nasabah, yaitu pilar kemampuan membayar kembali, pilar anggunan, dan pilar kredibilitas manajemen, dengan cara melaksanakan call, pengecekan kepada kreditur lain, dan melakukan kunjungan setempat dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang cukup dan tepat, guna untuk menetapkan strategi penyelamatan terhadap pembiayaan Griya Ib Hasanah bermasalah. Untuk menangulanggi banyaknya pembiayaan yang bermasalah terutama pada pembiayaaan Griya iB Hasanah, PT. BNI Syariah cabang banda aceh harus lebih meningkatkan pengamanan terhadap pembiayaan. Karena mengingat banyaknya nasabah yang mengunakan pembiayaan Griya iB Hasanah.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Muhammad Yasir Yusuf,S.Ag.,MA 2.Ayumiati SE.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembiyaan, Griya iB Hasanah, BNI Syariah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 03 Apr 2018 10:27
Last Modified: 03 Apr 2018 10:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3278

Actions (login required)

View Item
View Item