Pengembangan Busy Book Angka Untuk Pengenalan Matematika Pada Anak Usia Dini di TK Hafizul Ilmi Desa Blangkreung, Kec, Darussalam, Aceh Besar.

Mardiani A, 180210035 (2023) Pengembangan Busy Book Angka Untuk Pengenalan Matematika Pada Anak Usia Dini di TK Hafizul Ilmi Desa Blangkreung, Kec, Darussalam, Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Busy Book Angka Untuk  Pengenalan Matematika] Text (Pengembangan Busy Book Angka Untuk Pengenalan Matematika)
Mardiani A, 180210035, FTK, PIAUD, 085765192311.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Media merupakan alat komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membawa informasi berupa materi ajar dari guru kepada anak. Media yang digunakan sekolah masih kurang dalam pengenalan matematika dan bahan yang digunakan tidak tahan lama sehingga tidak bisa digunakan dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan sebuah produk untuk pengenalan matematika pada anak usia dini yang aman, praktis dan bisa dipakai dalam jangka panjang. Adapun jenis pada penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, lembar validasi dari ahli materi dan ahli media. Hasil dari penelitian busy book angka dari ahli materi mendapatkan hasil 95 % dengan kriteria sangat layak, ahli media mendapatkan hasil 90 % dengan kriteria sangat layak, sedangkan untuk tahap implementasi pada TK Hafizul Ilmi mendapatkan hasil 96 % dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan Busy Book angka sangat layak digunakan untuk pengenalan matematika pada anak usia dini. Media busy book angka dapat diterapkan menjadi sumber belajar pada pengenalan matematika anak usia dini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 519 Probabilitas dan Matematika terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Mardiani A Mardiani
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:29
Last Modified: 26 Sep 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32858

Actions (login required)

View Item
View Item