Metode yang Digunakan dalam Mengajar Nahwu menggunakan Kitab Tahrir Al-Aqwal di Ma’had Baitul Mubtadin Lhokseumawe (Studi Deskriptif)

Nida Zahara, 170202078 (2023) Metode yang Digunakan dalam Mengajar Nahwu menggunakan Kitab Tahrir Al-Aqwal di Ma’had Baitul Mubtadin Lhokseumawe (Studi Deskriptif). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Nahwu menggunakan Kitab Tahrir Al-Aqwal] Text (Nahwu menggunakan Kitab Tahrir Al-Aqwal)
Nida Zahara, 170202078, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah "Metode yang Digunakan dalam Mengajar Nahwu menggunakan Kitab Tahrir Al-Aqwal di Ma’had Baitul Mubtadin Lhokseumawe (Studi Deskriptif)". Penelitian ini membahas beberapa metode terbaik untuk mengajar tata bahasa, yaitu metode deduktif, induktif, teks sastra, dan pemecahan masalah. Salah satu buku tata bahasa yang diajarkan di Ma’had Baitul Mubtadin adalah buku Tahrir Al-Aqwal.Penelitian ini membahas metode terbaik untuk mengajar tata bahasa, yaitu metode deduktif, induktif, teks sastra, dan pemecahan masalah. Salah satu buku tata bahasa yang diajarkan di Ma’hadBaitul Mubtadin adalah buku Tahrir Al-Aqwal.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode mana yang digunakan oleh guru dalam mengajar tata bahasa menggunakan buku Tahrir Al-Aqwal di Ma’had Baitul Mubtadin Lhokseumawe, dan masalah apa yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam mengajar tata bahasa menggunakan buku Tahrir Al-Aqwal.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, di mana peneliti melakukan observasi langsung dan wawancara pribadi untuk mengumpulkan data. Sampel dalam penelitian ini adalah pimpinan Ma’had Baitul Mubtadin, seorang guru, dan beberapa siswa di sana.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar tata bahasa menggunakan buku Tahrir Al-Aqwal adalah metode deduktif, dan masalah yang dihadapi oleh guru dalam mengajar tata bahasa dengan menggunakan buku Tahrir Al-Aqwal adalah bahwa siswa tidak ingin menghafal pelajaran sampai tepat sebelum menyerahkan hafalan kepada guru, sementara siswa tidak menemui masalah dalam belajar tata bahasa dengan buku Tahrir Al-Aqwal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nida Zahara Nida
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:27
Last Modified: 26 Sep 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32859

Actions (login required)

View Item
View Item