Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Pada Materi Asam Basa Di SMA Swasta Ulumul Islam Samakurok Aceh Utara

Nazira, 190208082 (2023) Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Pada Materi Asam Basa Di SMA Swasta Ulumul Islam Samakurok Aceh Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Pada Materi Asam Basa Di SMA Swasta Ulumul Islam Samakurok Aceh Utara] Text (Pengembangan Modul Kimia Arab Jawi Pada Materi Asam Basa Di SMA Swasta Ulumul Islam Samakurok Aceh Utara)
Nazira, 190208082, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pengembangan modul kimia arab jawi pada materi asam basa dilatarbelakangi dari peserta didik di SMA Swasta Ulumul Islam yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi asam basa dikarenakan tidak tersedianya referensi lain, selain buku ajar cetak seperti modul ajar. Pengembangan modul ajar dalam aksara arab jawi dilakukan karena bahan ajar yang terdapat disekolah tersebut hanya dalam aksara Indonesia saja, bernilai positif dan adanya keterkaitan dengan lokasi penelitian yang merupakan suatu lembaga pendidikan khalafi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan modul kimia arab jawi pada materi asam basa di SMA Swasta Ulumul Islam Samakurok Aceh Utara dan untuk melihat respon dari peserta didik terhadap modul tersebut. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA I dan XI MIA II SMA Swasta Ulumul Islam Samakurok Aceh Utara. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar pedoman wawancara yang terdiri dari wawancara guru dan peserta didik, lembar validasi tim ahli yang dinilai oleh 4 orang validator dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis lembar pedoman wawancara, analisis lembar validasi ahli dan analisis angket respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh dari keempat validator sebesar 87,75% dengan kategori “sangat valid”. Hasil implementasi modul kepada peserta didik menggunakan angket respon diperoleh persentase sebesar 97% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul kimia arab jawi pada materi asam basa sangat valid dan mendapat respon sangat baik dari peserta didik di SMA Swasta Ulumul Islam Samakurok Aceh Utara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nazira Nazira
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:38
Last Modified: 29 Sep 2023 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32896

Actions (login required)

View Item
View Item