Efektivitas Penggunaan Media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Kosa Kata Bahasa Arab

Nurman Zilin, 180202028 (2023) Efektivitas Penggunaan Media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Kosa Kata Bahasa Arab. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media kotak dan kartu misterius (KOKAMI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Kosa Kata Bahasa  Arab] Text (Efektivitas Penggunaan Media kotak dan kartu misterius (KOKAMI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Kosa Kata Bahasa Arab)
Nur Manzilin A5 336.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan pertama yang dilakukan oleh peneliti, bahwa sebagian besar siswa di Mis Lamgugob Banda Aceh merasa kesulitan dalam menguasai kosa kata Bahasa Arab. Permasalahan tersebut terjadi karena guru tidak memilih metode pengajaran dan media pembelajaran yang tepat. Dalam hal itu guru hanya mengucapkan kosa kata berulang-ulang dan menuliskannya di papan tulis, dan siswa menuliskannya di buku catatan, dan tidak ada pembaharuan metode pembelajaran di dalamnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengatasinya dengan menggunakan metode kotak rahasia dan kartu misterius (KOKAMI) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami kosakata Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media permainan kotak rahasia dan kartu misterius (KOKAMI) dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis One Group Pre-Test Post-Test Design. Adapun alat dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan kotak rahasia dan kartu misterius (KOKAMI) efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata Bahasa Arab. Dengan hasil pre-test dan post-test adalah dengan tingkat signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media permainan kotak rahasia dan kartu misterius (KOKAMI) efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurman Zilin Melin
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:34
Last Modified: 29 Sep 2023 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32897

Actions (login required)

View Item
View Item