Urgensi Konseling Keluarga Dalam Pendampingan Pasien Di Rumah Singgah Blood For Life Foundation (Bflf) (Studi Di Bflf Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh)

Rehan Yunita, 190402054 (2023) Urgensi Konseling Keluarga Dalam Pendampingan Pasien Di Rumah Singgah Blood For Life Foundation (Bflf) (Studi Di Bflf Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Urgensi Konseling Keluarga Dalam Pendampingan Pasien Di Rumah Singgah Blood For Life Foundation (Bflf) (Studi Di Bflf Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh)] Text (Urgensi Konseling Keluarga Dalam Pendampingan Pasien Di Rumah Singgah Blood For Life Foundation (Bflf) (Studi Di Bflf Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh))
Rehan Yunita, 190402054, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berbagai permasalahan dihadapi oleh pasien, pendamping pasien di Rumah Singgah Blood for life foundation (BFLF) seperti kecemasan, keputusasaan dalam pengobatan, ketidakpastian, semangat hidup yang tinggi, dan ketakutan. Selama ini rumah singgah BFLF hanya dapat memberikan layanan yang berupa tempat tinggal, transportasi, konsumsi dan akomodasi, tetapi belum memberikan layanan psikologis yang berbentuk konseling untuk pasien dan pendamping pasien. Penelitian ini memiliki dua tujuan, yang pertama untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh pasien dan pendamping pasien yang kedua untuk mengetahui urgensi konseling keluarga bagi pasien dan pendamping pasien. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field reseach. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah empat pendamping, empat pasien, dan dua relawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah masalah yang sering dihadapi oleh pendamping dan pasien adalah masalah emosional yang berbeda-beda seperti takut, cemas, sedih, perasaan tidak berdaya. Urgensi konseling keluarga terhadap perndamping dan pasien sangat penting diberikan agar pendamping dan pasien dapat menyelesaikan masalahnya yang muncul saat menghadapi penyakit dan saat menghadapi pasien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rehan Yunita Rehan
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:27
Last Modified: 27 Sep 2023 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32898

Actions (login required)

View Item
View Item