Penggunaan Metode Deduktif dan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Ilmu Nahwu (Metode Perbandingan di Pesantren Madinatul Waliya Simeulue)

Izyan Adani, 170202154 (2023) Penggunaan Metode Deduktif dan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Ilmu Nahwu (Metode Perbandingan di Pesantren Madinatul Waliya Simeulue). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tata Bahasa, Metode Deduktif, Metode Induktif] Text (Tata Bahasa, Metode Deduktif, Metode Induktif)
Izyan Adani, 170202154, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Peneliti memilih mata pelajaran ini, karena bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib bagi semua siswa. Karena guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang efektif, sehingga siswa sulit memahami materi. Oleh karena itu, peneliti ingin menggunakan metode pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam tata bahasa. Pendekatan penelitian yang peneliti sajikan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan desain semi eksperimen. Peneliti mengambil sampel dari kelas 1a dan kelas 2a sebanyak 40 siswa, 20 siswa sebagai kelas eksperimen untuk metode deduktif, dan 20 siswa sebagai kelas eksperimen untuk metode induktif. Adapun alat penelitian dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua tes yaitu pre-test dan post-test metode analisis data, analisis statistik deskriptif, T-test, dan T-test independen. sampel, menggunakan perhitungan pada alat digital SPSS 25. Peneliti memperoleh perbandingan antara penggunaan metode deduktif dan induktif untuk meningkatkan kemampuan siswa tersebut, yang menunjukkan pencapaian hasil dari independent sample T-test dengan tingkat signifikansi (Sig 2 tailed) sebesar 0,134 (0,05 ( Sig < 0,05) Penggunaan metode deduktif dengan skor (00,86) lebih efektif daripada penggunaan metode induktif (00,82) untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Izyan Adani Izyan
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:42
Last Modified: 29 Sep 2023 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32916

Actions (login required)

View Item
View Item