Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures pada Siswa SMP/MTsN

Ermanita Mailiyanti, 180205079 (2023) Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures pada Siswa SMP/MTsN. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ermanita Mailiyanti, 180205079 (2023) Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Pada Siswa SMPMTSN.pdf] Text
Ermanita Mailiyanti, 180205079 (2023) Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Pada Siswa SMPMTSN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Konsep pada matematika menjadi kesatuan yang saling berkesinambungan. Untuk itu dalam proses pembelajaran guru diminta agar menyampaikan konsep tersebut kepada siswa dan bagaimana cara siswa dapat memahaminya. Pada kenyataannya, siswa mengalami masalah dengan pemahaman konsep. Salah satu alternatif yang digunakan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures siswa SMP/MTsN dengan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah siswa kelas VII MTsN 2 Aceh Besar Tahun Ajaran 2022/2023. Sampelnya adalah siswa kelas VII-3 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti di MTsN 2 Aceh Besar dapat diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 2,54>1,68, maka terima H_0 disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 511 Prinsip Umum Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ermanita Mailiyanti
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:25
Last Modified: 03 Oct 2023 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32984

Actions (login required)

View Item
View Item