Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas VIII MTsN 4 Aceh Selatan

Nisa Arisma, 160204061 (2023) Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas VIII MTsN 4 Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fisika] Text (Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fisika)
Nisa Arisma, 160204061, FTK, PFS, 085361742994.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Saintifik dalam kurikulum 2013 salah satu pendekatan dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik. Dengan mengadopsi langkah-langkah daintis dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah pembelajaran perlu dikemas menjadi sesuatu yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui a) Pengaruh pendekatan saintifik terhadap sikap ilmiah, b) Respon peserta didik terhadap penerapan pendekatan saintifik. Metode penelitian ini adalah Pre-Eksperiment. Sampel penelitian kelas VIII sebanyak 13 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dalam bentuk pernyataan dan angket. Analisis data menggunakan uji regresi dan respon peserta didik menggunakan rumus persentase responden. Berdasarkan hasil analisis perhitungan data didapatkan: (a) menunjukkan bahwa X mempengaruhi Y di uji dengan persamaan regresi yaitu Y= 33,7 + 0,4X bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap sikap ilmiah peserta didik, (b) respon peserta didik terhadap pendekatan saintifik dengan persentase sebesar 96% kategori sangat setuju (SS). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pendekatan saintifik terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas VIII dan peserta didik merasa tertarik dalam belajar dengan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.2 Pendidikan Dasar tingkat Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nisa Arisma Nisa
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:42
Last Modified: 29 Sep 2023 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32995

Actions (login required)

View Item
View Item