Inventarisasi Makroalga Di Perairan Pantai Selatan Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Media Pembelajaran Biologi

Fajratul Rizki, 160207157 (2023) Inventarisasi Makroalga Di Perairan Pantai Selatan Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Inventarisasi Makroalga Di Perairan Pantai Selatan Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Media Pembelajaran Biologi] Text (Inventarisasi Makroalga Di Perairan Pantai Selatan Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Media Pembelajaran Biologi)
Fajratul Rizki, 160207157, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Makroalga merupakan salah satu divisi Thallophyta dari golongan alga yang berukuran besar sehingga dapat dilihat secara langsung tanpa bantuan alat. Makroalga berperan sebagai tempat tinggal, ekosistem serta sumber makanan bagi hewan laut dan manusia. Keberadaan makroalga dapat ditemukan di habitat pantai berpasir maupun berkarang, termasuk di pantai Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis, kelayakan media booklet serta respon siswa terhadap media booklet penelitian inventarisasi makroalga yang terdapat di pantai Selatan Kabupaten Aceh Selatan sebagai media pembelajarn biologi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode survey eksploratif dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, serta studi literatur. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan jenis makroalga sesuai dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan kondisi lingkungannya. Hasil penelitian keseluruhan diperoleh 42 spesies makroalga yang berasal dari 14 famili. Karakteristik masing-masing jenis dapat dibedakan berdasarkan bentuk thallus, warna serta ukuran thallus. Hasil penelitian dimanfaatkan sebagai media pembelajaran biologi dalam bentuk booklet Makroalgae. Kelayakan booklet sebagai media pembelajaran diperoleh total persentase 83,62% dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa secara keseluruhan diperoleh persentase 87,75% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fajratul Rizki
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:55
Last Modified: 29 Sep 2023 03:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33086

Actions (login required)

View Item
View Item